Web Stikom CKI

kuliah komputer jakarta

kuliah komputer jakarta - kuliah komputer jakarta 
Jurusan Komputer, laksana Teknik Informatika (TI), Ilmu Komputer (Ilkom) dan Sistem Informasi (SI) ketika ini telah menjadi jurusan kesayangan di nyaris semua kampus. Passing grade, yaitu nilai yang diperlukan supaya lolos seleksi melulu kalah dari jurusan Kedokteran.

Dalam tulisan duniailkom kali ini, saya hendak mengulas sekian banyak  pertanyaan yang sering dikemukakan bersangkutan jurusan komputer. Semoga dapat bermanfaat untuk adik-adik SMA/SMK yang hendak melanjutkan kuliah ke jurusan TI, Ilkom, maupun SI.
Pilih Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, atau Sistem Informasi?
Jurusan komputer muncul dalam “banyak rasa”. Bagi jenjang S-1 (sarjana) minimal ada jurusan Teknik Informatika (TI), jurusan Ilmu Komputer (Ilkom), dan jurusan Sistem Informasi (SI). Selain tersebut ada pun jurusan Teknik Komputer. Apa lain ini semua?

Pembahasan yang lebih detail telah saya kupas di tulisan tersendiri: Apa Perbedaan Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer?

Singkatnya, andai ingin konsentrasi ke programming (software), pilih Teknik Informatika atau Ilmu Komputer. Kedua jurusan ini sebetulnya sama saja, hanya lain istilah.

Di Universitas Indonesia, melulu tersedia jurusan Ilmu Komputer, sementara di Institut Teknologi Bandung, melulu ada jurusan Teknik Informatika. Keduanya sama-sama konsentrasi di software.
tidak begitu jelas, lengkapnya dapat dilihat langsung dari mata kuliah yang diajarkan: Apa Saja Yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika?

Jurusan Sistem Informasi cocok untuk yang hendak mempelajari programming sekaligus ekonomi dan manajemen. Bisa dibilang bila jurusan ini merupakan campuran dari jurusan Teknik Informatika, Ekonomi Manajemen dan Teknik Industri.

Karena ada mata kuliah ekonomi dan manajemen, pelajaran programming di jurusan Sistem Informasi tidak sejumlah di Teknik Informatika maupun Ilmu Komputer. Tapi sisi positifnya (bagi beberapa orang), mata kuliah matematika yang diajarkan pun tidak sejumlah yang terdapat di jurusan IT. Lengkapnya dapat kesini: Apa Saja Yang Dipelajari di Jurusan Sistem Informasi?

Jurusan Teknik Komputer merupakan campuran dari Komputer dan Elektronika. Disini akan tidak sedikit dibahas mengenai kelistrikan di dalam komputer. Jika kegemaran utak atik barang elektro dan komputer, jurusan ini boleh dipilih. Bagi lengkapnya dapat kesini: Apa Saja Yang Dipelajari di Jurusan Teknik Komputer?

Dari keempat jurusan komputer ini, bermukim disesuikan dengan minat dan bakat.
Pilih Universitas Negeri atau Universitas Swasta guna Jurusan Komputer?
Secara umum tidak terdapat perbedaan fundamental antara Universitas Negeri maupun Swasta. Hanya saja di Universitas Negeri atau PTN (Perguruan Tinggi Negeri), duit kuliahnya relatif lebih murah bila dikomparasikan dengan Universitas Swasta.

Alasannya, sejumlah universitas masih disubsidi pemerintah, dimana mahasiswa melulu bayar beberapa saja. Itupula yang menjadi dalil kenapa di PTN mahasiswanya mesti lulus dalam 5 tahun, bila tidak darurat di DO (mesti gantian dengan calon mahasiswa lain). Tapi ketentuan ini sudah diolah menjadi maksimal 7 tahun.

Di samping itu, tidak sedikit faktor yang pun menjadi pertimbangan dalam memilih kampus:

Kemampuan diri (untuk lolos seleksi)
Biaya kuliah dan ongkos hidup
Jarak dengan lokasi tinggal (orang tua)
Akreditasi jurusan
Saat ini terdapat sekian banyak  cara guna masuk ke Universitas, namun yang jelas bakal ada seleksi, dapat jadi ujian tertulis (seperti SBMPTN) atau jalur undangan (SNMPTN). Tentunya anda harus dapat mengukur keterampilan diri apakah dapat lolos seleksi ke ITB atau UI misalnya.

Biaya pun menjadi hal penting. Ini dapat di bicarakan dengan orang tua, apakah mampu masuk ke Universitas kesayangan yang seringkali perlu ongkos kuliah lumayan tinggi (terutama swasta) atau “mengalah” guna masuk ke Universitas biasa yang biayanya lebih terjangkau.

Beberapa orang tua pun melarang anaknya guna kuliah jauh-jauh (terutama guna perempuan). Ini pun harus dirundingkan sebelum menyimpulkan memilih universitas. Terutama yang lokasinya lumayan jauh dari lokasi tinggal ketika ini. Biaya hidup di kota besar laksana Jakarta jauh lebih banyak jika dikomparasikan di kota kecil.


Alamat Kami
Jl Radin Inten II Duren Sawit Seberang Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta, Jakarta Timur, Telp. 021 - 8661 4332
Sekolah Tinggi Ilmu Komputer
  Cipta Karya Informatika


Post a Comment

0 Comments

TANYA VIA WHATSAPP!!